Cara Mengidentifikasi dan Mengatasi Click Fraud

Mengidentifikasi dan melacak contoh penipuan klik adalah langkah pertama untuk memberantas masalah. Penipuan klik sangat menguras sumber daya pengiklan yang beroperasi pada skala nasional dan internasional, diperkirakan menempati sekitar 30% dari semua pengeluaran iklan bayar per klik. Dengan begitu banyak yang dipertaruhkan, tidak heran mesin pencari menginvestasikan begitu banyak waktu dan upaya untuk merancang solusi.

Salah satu cara di mana Mesin Pencari dan penyedia program bayar per klik lainnya berusaha untuk mengekang masalah penipuan klik yang berkembang adalah dengan memperkenalkan algoritma pengulangan alamat IP. Rumus ini dirancang untuk menangkap pola klik mencurigakan yang berasal dari alamat IP tunggal, yang dapat membantu mengungkap keberadaan click farm dan sabotase yang dipimpin pesaing, serta mengidentifikasi calon penipu di sumbernya.

Namun, ada berbagai masalah dengan metode ini untuk mencoba mengidentifikasi penipu. Pertama, penipu yang masuk melalui modem dialup, saluran DSL, atau modem kabel hampir dapat melewati pemeriksaan ini sepenuhnya, karena pada setiap sesi online baru, alamat IP baru dibuat. Selain itu, ada berbagai perangkat lunak yang tersedia untuk mengubah alamat IP, yang lagi-lagi dapat digunakan untuk ‘menipu’ algoritme. Cookie dan pelacakan sesi adalah metode lain yang dapat digunakan mesin pencari untuk mengungkap aktivitas penipuan potensial, tetapi sekali lagi ada cara untuk mengatasinya bagi para penipu.

Perangkat lunak yang lebih komprehensif sedang dikembangkan yang profil dan laporannya tentang kebiasaan penjelajahan setiap klik-tayang untuk memungkinkan perusahaan melacak dan memantau perilaku yang mencurigakan, meskipun hal ini dapat dilihat oleh banyak orang sebagai hal yang mengganggu dan tidak efektif seperti apa pun dalam skala kecil yang masih mungkin terjadi. luput dari perhatian, berdasarkan cakupan luas iklan di seluruh internet.

Masalah penipuan klik baru-baru ini menjadi berita utama dengan gugatan perwakilan kelompok terhadap Google, yang mendorong Google untuk menawarkan $ 90 juta sebagai penyelesaian potensial. Mungkin penerimaan atas tanggung jawab mereka, tawaran Google menunjukkan sejauh mana penipuan klik, dan biayanya yang besar bagi ekonomi internet.

Ada sejumlah perbaikan mandiri yang dapat diterapkan untuk menjauhkan organisasi dari masalah. Solusi pertama adalah mengandalkan pengoptimalan mesin telusur dan daftar organik. Jika sebuah situs dioptimalkan dengan baik dan sepenuhnya, pada akhirnya ia dapat mewujudkan peringkat di mana situs lain bersedia membayar $ 2,50 per klik. Demikian pula, dengan peringkat tinggi organik, tidak ada rasio klik-tayang, oleh karena itu biaya yang terkait dengan PPC tidak berlaku. Meskipun prosesnya jauh lebih melelahkan dan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk melihat hasilnya, proses SEO jauh lebih murah dalam jangka panjang, dan dengan perkiraan 25-30% dari semua klik yang dilakukan secara curang, daftar tinggi secara organik dapat menghemat uang yang akan jika tidak dikuras oleh penipuan klik untuk investasi ulang yang lebih menguntungkan.

Tahun ke tahun, karena pasar iklan bayar per klik terus tumbuh dan berkembang, pasti penipuan klik akan mengikutinya. Kecuali jika cara yang efektif untuk mencegah penipuan klik dikembangkan dan berhasil diterapkan, pembeli akan terus kehilangan kepercayaan pada media periklanan dan beralih ke metode pemasaran yang lebih efektif dan tidak boros, yang akan secara serius menghantam mesin pencari dan berpotensi mengancam ekonomi online sebagai seluruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *